Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (biasa disingkat TNI Angkatan Darat atau TNI-AD) merupakan salah satu cabang angkatan perang dan bagian dari anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas pertahanan negara Republik Indonesia di darat.

TNI Angkatan Darat terbentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 bersamaan dengan terbentuknya TNI yang pada awal berdirinya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

TNI Angkatan Darat dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD). KASAD saat ini dijabat oleh Jenderal TNI Mulyono.

TNI-AD saat ini terdiri dari 2 komando utama (kotama) tempur yaitu Kostrad, dan Kopassus. wilayah TNI-AD sendiri memiliki 13 Komando Daerah Militer, 44 Komando Resort Militer yang masing-masing wilayah memiliki satuan tempur tersendiri. Selain komando utama tempur, TNI-AD juga memiliki komando utama pendidikan, mendidik para perwira dan calon perwira di Akademi Militer, Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan dan doktrin yaitu Kodiklat.Bintara TNI ADTNI-ADt_16